Minggu, 27 November 2011

profil RSUD Sanana 2007










 







PROFIL
RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) SANANA































PEMERINTAH KABUPATEN KEPULAUAN SULA
RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) SANANA
TAHUN 2007
















KATA PENGANTAR

DIREKTUR RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) SANANA


Assalamu’alaikum wr, wb.

Puji syukur kita panjatkan Kehadrat Ilahi yang Maha Kuasa atas berkat limpahan rahmat dan nikmatnya jualah sehingga PROFIL RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) SANANA Tahun 2007 dapat terselesaikan.
Dengan terselesainya penyusunan Profil Rumah Sakit Umum Daeraah Sanana Tahun 2007 maka taklupa kami sampaikan ucapan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membantu dalam menyusun profil ini. Kami menyadari bahwa informasi dan data mengenai Rumah Sakit Umum Daeraah Sanana yang disajikan masih jauh dari kesempurnaan, olehnya itu saran dan masukuan yang sifatnya membangun demi kesempurnaan penyusunan profil dimasa yang akan datang kami sangat butuhkan. Dan kami berharap bahwa kerjasama yang terjalin selama ini dapat dipertahankan
Akhirnya dengan terselasainya profil ini semoga dapat bermanfaat bagi semua pihak, khususnya dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan di Kabupaten Kepulauan Sula.


Wassalamualaikum wr, wb.

Sanana,       Februari 2007
RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SANANA
DIREKTUR




H. M SALEH MASUKU, SE
P e m b i n a
Nip. 140 081 288










BAB  I


PENDAHULUAN



Berdasarkan Undang – undang No. 22 Tahun 1999, Daerah Kabupaten / Kota sudah memiliki wewenang yang cukup besar dalam mengatur dan meningkatkan pembangunan di daerahnya sendiri. Indikator kemajuan pembangunan suatu daerah berdasarkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Human Developmen Indeks (HDI) adalah Tingkat Pendidikan, Derajat Kesehatan dan Kemampuan Ekonomi, oleh karena itu pembangunan bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi harus dibangun sejajar agar dapat mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat.

Tuntutan perubahan seiring dengan lajunya pertumbuhan penduduk di Kabupaten Kepulauan Sula dari tahun ke tahun. Dengan kondisi ini pelayanan kesehatan di Kabupaten Kepulauan Sula sangat tidak memadai baik sarana prasarana kesehatan, maupun dari sisi penyediaan tenaga Ahli, serta tenaga penunjang Medis lainnya. Untuk memenuhi tuntutan tersebut diatas Pemerintah dan semua pihak menyadari bahwa sektor kesehatan sangat penting untuk mendapat perhatian. Hal ini dibuktikan dengan semakin tingginya pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sanana.

Profil Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sanana. Kabupaten Kepulauan Sula sebagai salah satu sistem informasi kesehatan yang bertujuan untuk mendukung penyediaan data dan informasi yang dapat dimanfaatkan dalam penyusunan perencanaan pembangunan kesehatan.
Profil Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sanana. Kabupaten Kepulauan Sula tahun 2007 ini berisi Gambaran Umum Kabupaten Kepulauan Sula, dll











BAB II
GAMBARAN UMUM KABUPATEN KEPULAUAN SULA


A.       KEADAAN GEOGRAFIS DAN DEMOGRAFI
                                                                       
Kabupaten Kepulauan Sula Provinsi Maluku Utara terletak antara 01°45’00” Lintang Selatan dan antara 124°05’00” - 126°50’00” Bujur Timur. Kabupaten Kepulauan Sula terletak di Kawasan Timur Indonesia tepatnya berbatasan dengan :


v    Laut Maluku di Sebelah Utara
v    Laut Buru di Sebelah Selatan
v    Laut Seram di Sebelah Timur
v    Laut Sulawesi di Sebelah Barat.

Kabupaten Kepulauan Sula adalah Kabupaten baru yang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Maluku Utara dengan Luas Wilayah 24.082,30 km², luas wilayah Daratan 9.632,92 km² (40%) dan Wilayah perairan 14.449,38 km² (60%), merupakan wilayah kepulauan, yang terdiri dari pulau-pulau besar dan kecil yakni Pulau Sula Besi, Pulau Mangoli dan Pulau Taliabu, serta pulau-pulau lain disekelilingnya yang berjumlah ± 41 buah.
Secara administratif  Kabupaten Kepulauan Sula terdiri dari 6 Kecamatan Defenitif dan 11 Kecamatan Pemekaran, dengan jumlah Desa sebanyak 82 dan 37 Dusun, yakni :
1.        Kecamatan Sanana Ibukota di Sanana
2.        Kecamatan Sula Besi Barat Ibukota di Kabau
3.        Kecamatan Mangoli Timur Ibu kota di Waitina
4.        Kecamatan Mangoli Barat Ibukota di Dofa
5.        Kecamatan Taliabu Timur - Selatan Ibukota di Loseng
6.        Kecamatan Taliabu Barat Ibukota di Bobong
7.        Kecamatan Sula Besi Selatan Ibukota di Fuata
8.        Kecamatan Sula Besi Timur Ibukota di Baleha
9.        Kecamatan Sula Besi Tengah Ibukota di Waiboga
10.      Kecamatan Mangoli Utara - Timur Ibu kota di Waisakai
11.      Kecamatan Mangoli Tengah Ibu kota di Mangoli
12.      Kecamatan Mangoli Selatan Ibu kota di Buya
13.      Kecamatan Mangoli Utara Ibu kota di Falabisahaya
14.      Kecamatan Taliabu Timur Ibukota di Samuya
15.      Kecamatan Taliabu Utara Ibu kota di Gela
16.      Kecamatan Taliabu Selatan Ibu kota di Pancadu
17.      Kecamatan Taliabu Barat Laut Ibu kota di Nggela
B.        KEADAAN PENDUDUK
Jumlah Penduduk Kabupaten Kepulauan Sula berdasarkan data B4B Tahun 2004 berjumlah ± 124.784 Jiwa, dengan rata – rata laju pertumbuhan penduduk sebesar 2,16% per tahun dan pada awal tahun 2007 jumlah penduduk diperkirakan mencapai ± 148.282. jiwa. Yang tersebar di 17 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Sula.
Kabupaten Kepulauan adalah satu – satunya kabupaten tertinggal di Propinsi Maluku Utara. Karena Kabupaten Kepulauan Sula merupakan kabupaten daerah kepulauan.

Kabupaten Kepulauan Sula adalah kabupaten dengan jumlah Penduduk Rawan Miskin sebanyak 53 % dari total Penduduk Kepulauan Sula dan Rawan Kesehatan sebanyak 56 % dari total Penduduk Kabupaten Kepulauan Sula.
Pada umumnya Kabupaten Kepulauan Sula beriklim Tropis, dimana keadaan iklim sangat dipengaruhi oleh laut. Wilayah Kabupaten Kepulauan Sula mengenal 2 ( Dua ) musim, yaitu Musim Timur – Barat dan Musim Utara – Selatan yang biasa diselingi dengan 2          ( Dua ) kali masa pancaroba setiap tahun.       
























BAB  III

RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RDUD) SANANA


Pimpinan               : H. M SALEH MASUKU, SE
Alamat Lengkap     : Jln. Pekuburan Islam Falahu Sanana. Kabupaten Kepulauan Sula Provinsi Maluku Utara
Kode Pos               : 97795
Telpon  Fax            : (0929) 21833. 21118
Fax                        : (0929) 21833
Tahun didirikan      : Oktober 2005

  I.         ORGANISASI
a.       TUGAS POKOK
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sanana Kabupaten Kepulauan Sula Provinsi Maluku Utara mempunyai tugas melaksanakan upaya kesehatan secara menyeluruh, dengan mengutamakan upaya penyembuhan dan pemulihan yang dilaksanakan secara serasi dan terpadu dengan upaya peningkatan dan pencegahan serta melaksanakan upaya rujukan.

b.       FUNGSI
1.      Menyelenggarakan pelayanan Medis
2.      Menyelenggarakan pelayanan dan Asuhan Keperawatan
3.      Menyelenggarakan pelayanan rujukan
4.      Menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan
5.      Menyelenggarakan Penelitian dan Pengembangan
6.      Menyelenggarakan Administrasi umum dan keuangan

c.       V I S I
Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Kepulauan Sula Sehat, dan menjadikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sanana Kabupaten Kepulauan Sula sebagai Rumah Sakit terdepan, dan sebagai pusat rujukan bagi Kabupaten Kepulauan Sula.






d.       M I S I
1.      Memberikan Pelayanan Kesehatan Profesional, bermutu, berdayaguna dan berhasilguna untuk mewujudkan kepuasan dan kenyamanan pelanggan, dengan menjalankan fungsi sosial.
2.      Memberikan Pelayanan Kesehatan Profesional, bermutu, dengan sarana dan prasarana yang memadai dan dapat dijangkau oleh semua lapisan masyarakat.
3.      Menciptakan suasana kerja yang nyaman bagi pegawai sehingga menimbulkan kebersamaan, rasa disiplin yang tinggi serta dan bertanggungjawab.
4.      Membina kerjasama dengan lintas sektoral dalam rangka peningkatan mutu pelayanan.
5.      Mengupayakan peningkatan kesejahteraan pegawai
6.      Menyelenggarakan kegiatan pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengembangan mutu.

e.       SEJARAH SINGKAT
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sanana Kabupaten Kepulauan Sula Provinsi Maluku Utara didirikan pada Tahun 2003, dimulai dari tahap beberapa tahap pembangunan. Tahap pertama terdiri dari Gedung Poliklinik, Gedung Opotik dan Kantor. Pembangunan Tahap ke dua pada tahun 2004 terdiri dari Ruang Rentgen, dan dua buah Ruang Rawat Inap 
  II.        KETENAGAAN
  III.       FASILITAS YANG DIMILIKI

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar